Apa itu Electrical Engineer??

"Dulu ada saudara saya berkata, ngapain kuliah jurusan teknik listrik, toh listrik gitu-gitu aja, pasang lampu dan colokan mah ga perlu kuliah". sedih yah dengarnya hehe

Apa itu Electrical Engineer?
Sudah hampir 12 tahun saya bekerja, dan kebanyakan saya bekerja sebagai Electrical Engineer Project.
Selama itu, untuk sebagian orang, cukup susah membayangkan apa yang saya kerjakan.

Mawar : Kerja dibagian apa Bang?
Saya : Electrical Engineer.
Mawar : Oh,..Teknisi gitu ya?
Saya : Bukan, Engineer.
Mawar: Iya, kan sama kayak teknisi gitu.
Saya : ...........

Panel Listrik


Dan saya mengerti, Electrical Engineer di masyarakat umum saat ini memiliki pemahaman yang beragam.
Saya akan coba mendeskripsikan, menurut pengalaman saya, apa itu Electrical Engineer dan apa yang dikerjakannya.

Saya mulai dari arti dari kata Electrical Engineer itu sendiri.
Electrical : Listrik
Engineer : Insinyur

Dulu gelar Insinyur disematkan pada nama-nama setiap orang yang lulus dari Universitas Teknik. Sementara saat ini lulusan dari Universitas teknik hanya mendapat gelar ST - Sarjana Teknik, dia akan disebut Insinyur jika dia memang berprofesi sebagai Insinyur. Untuk sertifikasi sendiri ada lembaga yang mengaturnya, calon anggota yang ingin mendaftar harus merupakan lulusan Sarjana Teknik.

Di beberapa bidang industri, Insinyur Listrik sangat beragam. ada Electrical Design Engineer, Electrical Construction Engineer, Electrical Maintenance Engineer, Electrical Commissioning Engineer dll. Saya akan menjelaskan beberapa posisi tersebut.

Electrical Design Engineer. Tugasnya membuat design sebuah Power System, Project specification, Electrical Calculation, Review drawing dan Membuat data sheet. Beberapa equipment yang menjadi tanggung jawab electrical Engineer adalah: Transformer, Cable, Lighting, Generator, Lightning Protection, earthing, Switchgear and MCC. Semua Equipment diatas harus di design, di hitung dan dipersiapkan data sheet nya sebagai dasar team Purchasing melakukan pembelian barang.

Electrical Construction Engineer. Tugasnya dimulai saat pekerjaan konstruksi akan dimulai sampai project selesai, atau setidaknya sampai mechanical completion. Dia biasanya yang akan menyiapkan Construction Work Package dan assist Kontraktor saat pekerjaan konstruksi. Electrical Construction Engineer harus betul-betul memastikan semua Electrical Equipment dipasang denngan baik sesuai dengan standard yang berlaku di Project tersebut.

Electrical Commissioning Engineer. Setelah Semua pekerjaan konstruksi selesai, ditandai dengan Mechanical Completion, Commssioning Engineer sudah siap untuk melakukan tugasnya.Dia yang sebelumnya sudah mempersiapkan dokumen-dokumen terkait seperti Commissioning Prosedure dan Commissioning checklist siap untuk memulai Pre-Commissioning. Apa aja yang dilakukan saat pre-commissioining?
Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan seperti: Inspection test, loop check, visual check demua dilakukan sebelum Power ON. Setelah proses pre-commissioning selesai - dengan mengikuti seluruh prosedur yang sudah di approved - maka commissioning siap dilakukan. Electrical Commissioning Engineer bertanggung jawab sampai Plant berjalan dengan Normal, dan siap di Hand -Over ke tangan Electrical Maintenance Engineer.

Electrical Maintenance Engineer. Setelah Plant selesai di Commissioning dan berjalan normal, Maka Electrical Maintenance Engineer yang meneruskan tongkat estafetnya. Dia mempersiapakan spare part list, membuat jadwal shutdown maintenance, preventive maintenance dll. Electrical Maintenance Engineer Sering disebut sebagai end-user, karena dialah yang bertanggung jawab terhadap Plant tersebut saat beroperasi.

Di beberapa perusahaan, Posisi-posisi tersebut bisa kerjakan oleh 1 orang saja, mulai dari tahap design sampai maintenance. Hal yang mempengaruhinya biasanya jenis industri dimana dia bekerja, salary, dan technical requirement. Sampai saat ini standar Oil and Gas dan Petrochemical memang yang paling baik dari segi Technical Requirement, jadi semua yang bekerja harus betul-betul yang expert dibidangnya.

Sekian sedikit sharing dari saya, jika ada teman-teman yang mengoreksi atau menambahkan, silahkan isi dikolom komentar.

Jadi jika nanti Mawar bertanya Electrical Engineer itu apa kerjanya?Kalian sudah bisa menjawabnya ya :)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Electrical Engineer??"

Post a Comment