Kumpulan Soal Tes Electrical Engineer

Masih di seputar Electrical Engineer, kali ini saya akan membahas soal-soal yang biasa kita jumpai saat test masuk di perusahaan baru. Contoh soal-soal yang akan saya bagikan merupakan pengalaman saya sendiri di beberapa perusahaan bidang Oil & Gas, Mining, Chemical and general Industries baik di EPC Company maupun Client. Saya tentunya hanya sharing tentang soal technical, bukan soal psikotest atau pun test kepribadian.

Seperti Judulnya "Kumpulan Soal Tes Electrical Engineer" jadi yang saya bahas berikut ini adalah soal-soalnya saja, selanjutnya teman-teman yang belajar dan mencari referensi dari luar ataupun dari tulisan-tulisan saya sebelumnya yang ada di blog ini. Baiklah tanpa berlama-lama silahkan dipelajari soal-soal berikut:
  1.  Transformer : Paralel Trafo, pengertian Impedansi Trafo, vector group dan proteksi trafo.
  2.  Hukum Kirchhoff.
  3.  Rumus tegangan maksimum, tegangan efektif dan tegangan Rata-rata.
  4. Segitiga Daya.
  5. Cable Sizing.
  6. Menentukan rating MCCB, kontaktor dan TOLR pada rangkaian Motor Listrik.
  7. Membuat wiring diagram pengasutan Motor.
  8. Menghitung Arus Hubung Singkat.
  9. Bagaimana mempersiapkan electrical load list.
  10. Motor Listrik: Motor DC dan AC
  11. Uninterruptible power supply (UPS).
  12. Jenis-jenis pentanahan atau sistem grounding.
  13. Menentukan nilai Kapasitor Bank
  14. Hazardous Area Classification.
  15. Generator, Power Plant dan Power Grid - PLN sinkron.
  16. Lightning Protection design.
  17. Lighting design.

Kebanyakan test yang saya ikuti merupakan soal essay, yang mana jawabannya harus dijabarkan dengan jelas dan lengkap dengan rumus-rumusnya. Namun ada juga perusahaan hanya memberikan soal-soal pilihan berganda. Kalian juga harus terbiasa dengan jawaban dalam bahasa inggris. Perbanyaklah latihan untuk soal-soal hitungan. Selain test tertulis kalian juga biasanya akan di test secara lisan oleh User untuk memastikan setiap jawaban.


Ilustrasi tes essay

Tips atau Saran:
  • Pahami dahulu apa yang menjadi Tugas-tugas Electrical Engineer, dari situ kalian akan tahu apa yang harus kalian siapkan, bahkan saat interview dengan User teman-teman sudah mengetaui apa yang menjadi tanggung jawab kalian nanti.
  • Belajar dan latihan. Sebagai Electrical Engineer kalian akan sering berurusan dengan rumus-rumus ketika bekerja nanti , jadi latihlah diri anda dalam soal-soal kelistrikan.
  • Membaca standard electrical seperti: IEC, IEEE, PUIL, ANSI, NEC dll
Untuk teman-teman lain yang pernah test untuk posisi Electrical Engineer silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah, nanti akan saya input jika memang belum ada dalam list saya di atas. Kita kadang tidak menyadari hal yang kita anggap biasa, bisa jadi itu merupakan hal yang sangat dibutuhkan orang lain.
Sharing is Caring



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kumpulan Soal Tes Electrical Engineer"